Menindaklanjuti surat kami No. Peng/080/V/23 tanggal 22 Mei 2023 dan sehubbungan dengan diselenggarakannya kembali Ujian Ajun Ahli Asuransi, Ahli Asuransi dan Lini Bisnis Asuransi, baik Sektor Asuransi Jiwa maupun Sektor Asuransi Kerugian, pada bulan Agustus – Desember 2023 secara offline dan online, dengan ini kami informasikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan ujian untuk Ajun Ahli Asuransi, Ahli Asuransi dan Lini Bisnis Asuransi, baik Sektor Asuransi Jiwa maupun Sektor Asuransi Kerugian, pada bulan Agustus 2023 khusus di Jakarta, tetap akan diselenggarakan secara offline dengan menggunakan bantuan komputer (Computer Assisted Test). Setiap Peserta Ujian harus membawa komputer (laptop) masing-masing yang bisa terkoneksi dengan internet dengan kamera yang aktif
  2. Penyelenggaraan ujian untuk Ajun Ahli Asuransi dan Lini Bisnis Asuransi, baik Sektor Asuransi Jiwa maupun Sektor Asuransi Kerugian:
    • Di Jakarta untuk penyelenggaraan ujian bulan Agustus 2023 masih tetap diselenggarakan secara offline, sedangkan mulai penyelenggaraan ujian bulan September 2023 akan diselenggarakan secara online.
    • Khusus diluar kota Jakarta, mulai bulan Agustus 2023 akan diselenggarakan secara online. Setiap peserta yang akan mengikuti ujian online harus menggunakan aplikasi tambahan berupa Safe Exam Browser (SEB) dengan cara mendownload dan menginstall aplikasi Safe Exam Browser (SEB) beserta konfigurasinya sampai berhasil karena tanpa aplikasi SEB yang sudah terinstall, peserta tidak bisa mengikuti ujian (panduan, petunjuk install dan tata tertib ujian terlampir) serta peserta mengikuti ujian harus menggunakan 2 (dua) device yaitu salah satunya untuk aplikasi zoom
  3. Untuk penyelenggaraan ujian Ahli Asuransi baik Sektor Asuransi Jiwa Sektor maupun Asuransi Kerugian tetap akan diadakan secara offline dan harus mengikuti ujian di Jakarta.

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat pada edaran berikut: