Manajemen Pemasaran

UJIAN GELAR PROFESIONAL KEANGGOTAAN
ASOSIASI AHLI MANAJEMEN ASURANSI INDONESIA
SEKTOR ASURANSI JIWA
TINGKAT AHLI ASURANSI INDONESIA JIWA (AAIJ)

Ujian Gelar Profesional Keanggotaan AAMAI Sektor Asuransi Jiwa untuk tingkat Ahli, harus menempuh dan lulus 4 (empat) mata ujian serta satu pilihan Penyusunan Skripsi (Karya Tulis Ilmiah) dari beberapa pilihan yang ada, atau ujian Komprehensif tertulis. Penyusunan Skripsi mulai dapat dipersiapkan setelah Kandidat menempuh delapan dari sembilan mata ujian tersebut dan dinyatakan lulus.

Mata ujian yang diujikan :

TINGKAT AHLI, JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN

AJ.61 : Ekonomi Indonesia dan Perpajakan
AJ.71 : Manajer – Wirausahawan
AJ.81 : Manajemen Pemasaran Jasa dan Penjualan Polis Asuransi Jiwa
AJ.91 : Kepemimpinan Organisasional
AJ.101 : Ujian Komprehensif tertulis atau
AJ.101 : Skripsi/Karya Tulis Ilmiah dengan Pilihan Tema Skripsi ( Karya Tulis Ilmiah ):
AJ.101.01 : Pasar Asuransi Jiwa Indonesia
AJ.101.01 : SDM Untuk Bidang Pemasaran dan Penjualan Jasa Asuransi Jiwa
AJ.101.01 : Manajemen dan Teknik Menjual Jasa Asuransi Jiwa
AJ.101.01 : Kepemimpinan

URAIAN SILABUS

AJ.61 : EKONOMI INDONESIA DAN PERPAJAKAN

Buku Wajib :
a. PEREKONOMIAN INDONESIA; Dr. Tulus T.H. Tambunan; Ghalia Indonesia; Agustus 2001
b. EKONOMI PEMBANGUNAN; Dr. Suryana, M.Si; Salemba Empat; 2000
c. HUKUM PAJAK; Dra. Erly Suandy, M.Si., Akt; Salemba Empat; 2000
d. KETENTUAN DASAR PAJAK PENGHASILAN; Dr. Gunadi; Salemba Empat; 2002

Silabus :

a. PEREKONOMIAN INDONESIA
1. Sejarah Ekonomi Indonesia sejak Orde Lama hingga era Reformasi : Pendahuluan, Pemerintahan Orde Lama, Pemerintahan Orde Baru, Pemerintahan Transisi, Pemerintahan Reformasi
2. Pertumbuhan dan perubahan struktur ekonomi : Pendahuluan, Produk Domistik Bruto dan Pendapatan Nasional, Pertumbuhan Ekonomi : Metode Perhitungan dan Teori, Pertumbuhan Ekonomi sejak Pelita I, Faktor-faktor penentu prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia, Perubahan struktur ekonomi.
3. Kemiskinan dan Kesenjangan : Permasalahan pokok, Konsep dan definisi, Pertumbuhan, Kesenjangan, Kemiskinan, Temuan empiris, Faktor-faktor penyebab kemiskinan, Kebijakan anti kemiskinan: strategi dan investasi
4. Industrialisasi dan perkembangan sektor industri : Konsep dan tujuan industrialisasi, Perkembangan sektor industri manufaktur nasional, Permasalahan dalam industri manufaktur, Strategi pembangunan sektor industri
5. Perkembangan sektor pertanian : Peranan sektor pertanian : kerangka analisis, Sektor pertanian di Indonesia, Nilai tukar petani, Investasi di sektor pertanian, Keterkaitan pertanian dengan industri manufaktur
6. Perdagangan luar negeri : Teori perdagangan internasional, Perkembangan ekspor nasisonal, Utang luar negeri
7. Neraca Pembayaran, arus modal asing dan utang luar negeri : Neraca pembayaran, Arus modal masuk, utang luar negeri
8. Otonomi daerah dan peluang serta tantangan bisnis di daerah : Undang-undang otonomi daerah, Perubahan penerimaan daerah dan peranan pendapatan asli daerah, Simulasi alokasi dana alokasi umum, Dampak alokasi dana alokasi umum Dan dana bagi hasil sumber daya alam pada pemerataan, peluang dan tantangan bisnis di daerah
9. Pembangunan ekonomi daerah : Pembangunan ekonomi regional, Faktor-faktor penyebab ketimpangan, Kasus pembangunan Indonesia bagian timur, Teori dan model analisis pembanguan ekonomi daerah

b. EKONOMI PEMBANGUNAN

1. Prinsip dan konsep dasar ekonomi pembangunan : Pengertian dan ruang lingkup ekonomi pembangunan, arti dan maksud pembangunan ekonomi, arah dan strategi pembangunan ekonomi, ukuran pembangunan: Pendapatan Per Kapita dan tingkat kesejahteraan, Indek Harga Konsumen dan harga produsen
2. Karakteristik umum dan struktur kegiatan ekonomi negara sedang berkembang : Pengelompokkan negara berdasarkan tingkat kemajuan ekonominya, Karakteristik umum negara-negara sedang berkembang
3. Persoalan-persoalan dasar dalam proses pembangunan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dan penghambat : Permasalahan pokok pembangunan ekonomi, faktor yang mempengaruhi pembangunan, persyaratan pokok dan umum pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang, faktor-faktor penghambat pada proses pembangunan, struktur ekspor berupa bahan mentah, proses sebab akibat komulatif
4. Teori umum pembangunan ekonomi dan model-model penerapannya : Teori umum pembangunan ekonomi, model-model pembangunan dan penerapannya, pertumbuhan modal di negara-negara sedang berkembang
5. Teknologi Sumber Alam Dan Sumber Daya Manusia dalam pembangunan : Sumber Daya Alam dan teknologi dalam pembangunan, Sumber Daya Manusia dan perkembangannya dalam pembangunan, persoalan Sumber Daya Manusia dan pendekatannya, pembangunan nasional dengan persediaan tenaga kerja tak habis-habis
6. Peranan Perdagangan dalam Pembangunan dan masalah Hubungan Internasional bagi Negara Sedang Berkembang : Peranan Perdagangan dalam pembangunan, neraca pembayaran dan kebijaksanaan perdagangan luar negeri, interdependensi global dan tata dunia baru
7. Kebijaksanaan Pembangunan Ekonomi : Peranan analisis ekonomi dalam perumusan kebijaksaan pembangunan, proses multipler di negara-negara sedang berkembang, tindakan-tindakan domistik di bidang moneter dan fiskal, inflasi dalam pembangunan
8. Perencanaan Pembangunan Ekonomi : Prinsip dasar dan pertimbangan dalam memilih perencanaan, tipe-tipe perencanaan pembangunan dan penerapannya dalam berbagai sistem ekonomi, macam-macam model perencanaan

c. HUKUM PAJAK

1. Pendahuluan : Sejarah pemungutan pajak, sumber-sumber penerimaan Negara
2. Pajak dan hukum pajak : Pengertian pajak, definisi pajak, ciri-ciri yang melekat pada pengertian pajak, falsafah pajak, fungsi pajak, pendekatan pajak, defini hukum pajak, kedudukan hukum pajak, hubungan hukum pajak dengan hukum perdata, sistematika hukum pajak, perlawanan terhadap pajak
3. Teori-teori pemungutan pajak : Asas-asas pemungutan pajak, teori-teori pembenaran pemungutan pajak, syarat-syarat pembuatan undang-undang pajak, stelsel pemungutan pajak
4. Pembagian pajak : Pajak langsung, pajak tidak langsung, cara pemungutan pajak
5. Sumber pajak dan objek pajak : Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak bumi dan bangunan
6. Tarif pajak : Tarif tetap, tarif proposional atau sebanding, tarif progesif, tarif degresif, sistem tarif, kebijakan tariff
7. Peradilan dalam hukum pajak : Peradilan administrasi pajak, keberatan dan banding, pengajuan permohonan peninjauan kembali sanksi administrasi perpajakan
8. Reformasi pajak (tax reform) : Pajak-pajak yang berlaku sebelum reformasi, reformasi pajak 1983, reformasi pajak 1994, reformasi pajak 2000
9. Pengertian umum Dan NPWP : Dasar hukum, pengertian-pengertian umum dalam pajak, Nomer Poko Wajib Pajak (NPWP) dan pengukuhan pengusaha kena pajak
10. Utang Pajak : Utang perdata, utang pajak, timbulnya utang pajak, penagihan pajak, berakhirnya utang pajak, sistem pemungutan pajak, official assesment system, self assesment system, witholding system
11. Penetapan dan ketetapan pajak : Latar belakan, fungsi ketetapan pajak, macam-macam ketetapan pajak, surat tagihan pajak, surat ketetapan pajak kurang bayar tambahan (SKPKBT), surat ketetapan pajak lebih bayar (SKPLB), surat penberitahuan pajak terhutang (SPPT)
12. Pembayaran dan pelaporan pajak : Pembayaran pajak, surat setoran pajak (SSP), surat pemberitahuan (SPT)
13. Penagihan pajak : Penagihan pajak passif, penagihan pajak aktif, dasar penagihan pajak, pejabat dan jurusita pajak, surat paksa, penyitaan, objek sita, lelang, gugatan, sanggahan, pembetulan atau penggantian, ketentuan pidana
14. Pembukuan /Pencatatan : Pembukuan, pencatatan dan tujuan penyelenggaraan pembukuan/pencatatan
15. Pemeriksaan dan penyidikan pajak : Pemeriksaan pajak, penyidikan (investigasi)
16. Pajak daerah dan restribusi daerah (PDRD) : Tujuan dari undang-undang pajak daerah dan restribusi daerah, pajak daerah, restribusi daerah
17. Hukum pajak internasional : Pengertian hukum pajak internasional, sumber-sumber hukum pajak internasional, sumber pajak dan objek pajak dalam pajak internasional, pajak ganda (double taxation), tax treaty

d. KETENTUAN DASAR PAJAK PENGHASILAN
1. Pendahuluan : Latar belakang reformasi perpajakan, reformasi perpajakan tahun 1983, 1994, 1997, 2000
2. Sistem pajak penghasilan di Indonesia : Kilas balik pemajakan atas penghasilan, pemajakan setelah kemerdekaan, sasaran pajak penghasilan 2001
3. Subyek pajak penghasilan : Pengertian subjek pajak, siapa yang menjadi subyek pajak, perbedaan subjek pajak dalam negeri dan luar negeri, subjek pajak dalam negeri, subjekpajak luar negeri, bentuk usaha tetap, penentuan tempat tinggal dan tempat kedudukan
4. Kewajiban pajak subjektif : Saat timbulnya kewajiban pajak subjektif wajib pajak dalam negeri, saat timbulnya kewajiban pajak subjektif wajib pajak luar negeri, saat timbulnya kewajiban pajak subjektif warisan, kewajiban pajak subjektif dalam bagian tahun pajak
5. Pengecualian subjek pajak : Badan perwakilan negara asing beserta pejabat perwakilan diplomatik/konsulat dan pejabat-pejabat lainnya dan organisasi internasional, organisasi internasional bukan subjek pajak, penyesuaian daftar organisasi internasional
6. Objek pajak : Pengertian penghasilan, contoh-contoh katagori penghasilan, penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja, laba usaha, penghasilan dari modal, penghasilan lain-lain
7. Objek pajak yang dikenakan pajak tersendiri : Pengenaan pajak final, penyederhanaan pengenaan, pemajakan unitary, pemajakan skeduler
8. Pengecualian objek pajak : Transaksi penghsilan, pengecualian penghasilan, bantuan/sumbangan/hibah, warisan, setoran modal, natural dan kenikmatan, natura dan kenikmatan yang dibayarkan oleh bukan sukjek dan wajib pajak tertentu, penggantian atau santunan asuransi, dividen atau bagian laba, iuran dana pensiun, penghasilan dari modal dana pensiun, laba dari perseroan komanditer/firma/perkumpulan/koperasi, bunga obligasi yang diterima reksadana, penghasilan dari modal ventura
9. Objek pajak penghasilan bentuk usaha tetap : Pengantar, objek pajak penghasilan bentuk usaha tetap, penghasilan kena pajak, biaya-biaya yang berkaitan dengan penghasilan, bukan merupakan penghasilan dan biaya bentuk usaha tetap, pengaruh perjanjian penghindaran pajak berganda
10. Pengurangan penghasilan kena pajak : Pengeluaran kapital dan penghasilan, pengakuan beban, biaya yang boleh dikurangkan, biaya untuk mendapatkan/menagih dan memelihara penghasilan, penyusutan dan amortisasi, iuran dana pensiun, kerugian penjualan atau pengalihan harta, kerugian selisih kurs, biaya penelitian dan pengembangan, biaya beasiswa/magang/pelatihan, piutang yang tidak dapat ditagih, kompensasi kerugian, wajib pajak orang pribadi
11. Penghasilan tidak kena pajak : Penghasilan tidak kena pajak orang pribadi (PTKP), penghitungan PTKP, saat penentu dan perubahan penghitungan
12. Penghasilan keluarga dan satuan pemajakan : Satuan pemajakan, penggabungan penghasilan suami istri, pemisahan penghasilan, penghasilan anak
13. Biaya yang tidak boleh dikurangkan
14. Biaya yang tidak boleh dikurangkan, pembagian laba, biaya untuk kepentiangan pribadi, pembentukan dan pemupukan dana cadangan, premi asuransi kesehatan/ asuransi kecelakaan/ asuransi jiwa/ asuransi dwiguna/ asuransi beasiswa, penggantian atau imbalan sehubungan bentuk natura atau kenikmatan, jumlah yang melebihi kewajaran, harta yang dihibahkan/ bantuan/ sumbangan dan warisan, pajak penghasilan, biaya yang dibebankan atau dikeluarkan untuk kepentingan pribadi wajib pajak atau yang menjadi tanggungannya, gaji yang dibayarkan kepada anggota persekutuan/ firma/ perseroan komanditer yang modalnya tidak terbagi atas saham, anksi administrasi, biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu tahun
15. Penilaian harta dan perhitungan harga transaksi : Penilaian harta, perhitungan harga transaksi
16. Penyusutan harta berwujud (depresiasi) : Pengeluaran kapital, penyusutan, metoda penyusutan, pengelompokan masa manfaat, dasar penyusutan, mulainya penyusutan, ketentuan khusus untuk perusahaan tertentu, pemajakan atas keuntungan kapital dari pengalihan harta, jenis-jenis harta dalam berbagai kelompok
17. Amortisasi harta tidak berwujud : Amortisasi harta tidak berwujud, metode amortisasi, pengelompokan masa manfaat, biaya pendirian dan perluasan modal, pengeluaran untuk memperoleh hak penambahan, tahun pajak dan kewajiban pembukuan.

AJ.71 : MANAJER – WIRAUSAHAWAN

Buku Wajib :
a. KEWIRAUSAHAAN, Dr. H. Buchari Alma, CV. Alfabeta, Cetakan ketiga, 2001
b. KOMUNIKASI BISNIS DAN PROFESIONAL ; Dan B. Curtis, James J. Flyod, Jerry L Winsor, Penyunting Prof. DR. Yuyun Wirasasmita, MSc, PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
c. MANAJEMEN WAKTU, Jeff Davidson, Andi Yogyakarta, 2001

Silabus :

a. KEWIRAUSAHAAN

1. Menumbuhkan minat usaha, Kebutuhan akan wirausaha, Bisakah kewirausahaan diajarka, Dorongan merintis wirausaha, Beberapa factor kritis untuk memulai usaha baru, Model proses kewirausahaan, Menilai peluang membuka usaha baru.
2. Wiraswasta dan Wirausaha : Pengertian wiraswasta, Pengertian wirausaha, Berbagai macam tipe wirausaha, Berbagai macam profil wirausaha.
3. Wanita Wirausaha : Dorongan R.A. Kartini, Skala mengukur minat wirausaha, Faktor-faktor yang menunjang/menghambat wirausaha, Perbedaan wanita wirausaha dan pria wirausaha.
4. Sifat-sifat yang Perlu Dimiliki Wirausaha : Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Pengambilan risiko, Kepemimpinan, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan, Kreativitas, Konsep 10 D dari Bygrave, Beberapa kelemahan wirausaha Indonesia.
5. Kepribadian, Temperament dan Watak : Pengertian kepribadian, Kepribadian yang produktif, Temperamen, Watak.
6. Meningkatkan Produktivitas Usaha Melalui Motivasi. : Pengertian produktivitas, Pengertian Motivasi, Teori motivasi hirarki kebutuhan maslow, Teori motivasi Hawthorne, Teori X dan teori Y dari Duaglas Mc Gregor, Teoti pola A dan pola B dari Chrys Argyris, Teori Hygiene dari Frederick Herzberg, Teori ekpektasi dari Vroom, Teori motivasi model Porter dan Lawler, Teori prestasi dari Mc clelland, Teori Z dari William G. Ouchi.
7. Ekploitasi Imajinasi dan Intuisi untuk Kemajuan Usaha : Rasa bawah sadar, Imajinasi, Intuisi, Kondisi-kondisi yang mendorong proses bawah sadar.
8. Jalan Menuju Wirausaha Sukses. : Mau kerja keras, Bekerjasam dengan orang lain, Penampilan yang baik, Yakin, Pandai membuat Keputusan, Mau menambah ilmu pengetahuan, Ambisi untuk maju, Pandai berkomunikasi.
9. Menjual, Kegiatan dasar Wirausaha : Profesi penjual, Seni menjual, Penjual sebagai artis dan scientist, Obyek ilmu menjual, Politik dan hokum penjualan, Cara-cara menemui dan mempengaruhi calon pembeli, cara menghadapi pembeli, Cara untuk memperoleh perhatian pembeli, Mendorong keinginan membeli. Prinsip the customer is king, Sifat-sifat penjuan yang disenangi pembeli, Beberapa tipe pembeli, Mengatasi keberatan pembeli, Beberpa cara praktis mengatasi keberatan yang diajukan oleh calon pembeli, Sifat-sifat yang perlu dimiliki penjuan, Sifat fisik penjual, Sarat mental dan karakter penjual, Sarat social penjual, Mengapa ada penjual yang gagal.
10. Profil Usaha : Pengembangan wawasan jenis bidang usaha, Rintisan usaha wirausaha baru, Perdagangan besar, Perdagangan eceran, Pedagang kaki lima, Franchising, Intrapreneurship.
11. Kepemimpinan : Pentingnya kepemimpinan, Tiga pendekatan utama kepemimpinan, Sebab-sebab munculnya kepemimpinan, Sifat-sifat pemimpin, tipe kepemimpinan, Ketrampilan kepemimpinan, Power, Power dalam hubungan bisnis.
12. Rencana Pemasaran : Ruang lingkup rencana pemasaran, Konsep AIDA + S, Wirausaha harus melaksanakan konsep pemasaran, Mengutamakan pelanggan, Tiga pertanyaan pokok dalam pemasaran, Komoditi apa yang anda pasarkan, Siapa yang memasarkan, Bagaimana memasarkan, Strategi pemasaran, Bauran pemasaran, Pengembangan produk, Siklus Kehidupan produk dan strategi pemasarannya, Market intelligent, Turbo marketing, Mega marketing.
13. Perencanaan Usaha : Pentinya perencanaan, Pengertian perencanaan usaha, kerangka rencana usaha, Bentuk formal rencana usaha, contoh rencana usahauntuk usaha baru dan pengembangan usaha
14. Mutiara Kegiatan Wirausaha dalam Ajaran Islam : otiv berwirausaha dalam bidang perdagangan, Berbuat baik, Perintah kerja keras, Perdagangan pekerjaan mulia dalam islam, Perilaku terpuji dalam perdagangan, Manajemen utang piutang, Membina tenaga kerja bawahan, Demontration effect, Sifat-sifat seorang wirausaha.

b. KOMUNIKASI BISNIS DAN PROFESIONAL

1. Sifat Dasar Komunikasi bisnis : Komunikasi, Dsar pemeikiran komunikasi, Kemampuan berkomunikasi, Komponen komunikasi, Prinsip dasar komunikasi, Etika komunikasi, Kualitas lawan kuantitas, Jaringan komunikasi, Arus informasi.
2. Komunikasi Antarpersona dalam Lingkungan Bisnis : Komunikasi antarpesona, Konsep diri, Hubungan, Gaya komunikasi organisasional, Gaya manajemen antarpesona, Motivasi dalam organisasi, Teori manajemen antarpesona lainm, Kekuasaan dan konflik
3. Menyimak dalam Lingkungan Bisnis : Pentingnya menyimak dalam dunia bisnis, Sifat proses menyimak, Sebab-sebab penyimakan yang tidak efektif, Menymak untuk pemahaman yang efektif, Petunjuk penyimakan yang lebih efektif,
4. Mengumpulkan Informasi Melalui Wawancara : Berbagai situasi wawancara dalam bisnis, Wawancara pengumpul informasi, Teknik bertanya, Pembuatan daftar pilihan, Penggalian informasi, Pertanyaan dengan banyak arti, Pertanyaan penuntun, Pelaksanaan wawancara.
5. Wawancara Dalam Lingkungan Bisnis : Penilaian kebutuhan pekerjaan, Tahap-tahap proses pekerjaan, Penilaian dan peningkatan kerja, Sepuluh saran umpan balik bagi penyelia yang efektif.
6. Bekerja Dalam kelompok Kecil : Sifat komunikasi kelompok kecil, Kelebihan bekerja dalam kelompok, Pemecahan masalah dalam kelompok, Berpartisipasi dalam kelompok kecil, Kelompok diskusi publik, Kepemimpinan dalam kelompok kecil, Gaya kepemimpinan kelompok, Fungsi kepemimpinan Pemimpin sebagai manajer informasi.
7. Rapat Kelompok : Merencanakan rapat, Menangani masalah pokok, Memimpin orang, Manajemen diri, Memenuhi tindak lanjut, Laporan rapat tertulis, Format rapat khusus.
8. Mempersiapkan Presentasi Bisnis : Pentingnya presentasi lisan, Karakteristik presentasi bisnis, Merencanakan presentasi.
9. Khalayak dalam Lingkungan Bisnis : Penyimak dalam kontek bisnis, Penyimak individual, Pertimbangan kelompok, Iklim Komunikasi, Proses analisis khalayak, Prosedur analisis khalayak, Beradaptasi dengan khalayak, Sifat proses pengambilan keputusan.
10. Pidato Presentasi Sebagai Pengaruh : Presentasi dan perubahan, Mempengaruhi melalui pemberian informasi, Mempengaruhi dengan cara membujuk, Etika persuasi.
11. rujukan dan Alasan : Sifat rujukan dan alas an, Peran rujukan dan alas an dalam presentasi, Mengevaluasi bukti factual, Mengevaluasi rujukan non factual, Mengevaluasi alas an, Masalah-masalah alas an tambahan.
12. Mengorganisasikan Presentasi : Pola organisasi, Memulai dan mengakhiri presentasi, Pendahuluan, Transisi, Pembuatan sketsa.
13. Mengayakn pesan : Kelebihan menggunakan bahasa, yang digayakan, Gaya lisan lawan gaya tulisan, Sifat bahasa, Menggunakan bahasa secara efektif, Kiat bahasa, Menggunakan kiasan, saran-saran penggunaan gaya bahasa yang efektif.
14. Dukungan Multimedia : Mengapa menggunakan alat Bantu multimedia, Jenis-jenis alat Bantu multimedia, Memilih alat Bantu multimedia yang tepat, Pertimbagan khusus, Naskah.
15. Menyampaikan Pesan : Mengani ketakutan pada komunikasi yang akan terjadi, Pentingnya pidato, Jenis-jenis pidato, Perangkat pidato visual, Suara, Melatih presentasi anda.
16. Menanggap Perhatian Khalayak : Prinsip-prinsip, Situasi negative
17. Mengevaluasi Presentasi Anda : Sifat evaluasi, Pentingnya evaluasi, Tahap-tahap evaluasi, Menganalisis umpan bailk.

c. MANAJEMEN WAKTU

1. Memahami Manajemen Waktu : Memahamai hakikat waktu, Mitos seputar manajemen waktu, Tingkat produkjtivitas pribadi anda, Mengandalkan hikmat anda.
2. Membentuk Tujuan Akhir Anda : Pentingnya membuat prioritas, Bidang-bidang kehidupan, Intisari pengidentifikasian prioritas, Saran untuk mendukung prioritas anda, Teknik memperkuat sasaran anda.
3. Menghindari Tirani Hal-hal Mendesak : Mengetahu hal-hal penting, Menerapkan prinsip pareto, Menerapkan prinsip pareto di perusahaan kcil.
4. Membuat Jadwal untuk Mencapai Hasil : Pokok-pokok yang sama, Peralatan penjadwalan untuk banyak kebutuhan
5. Menjadi Terorganisasi : Entropi di kantor anda, Banyak tumpukan masalah tetapi tidak putus asa, Selalu dalam prospektif
6. Mengatur Meja dan Kantor Anda : Memulai dari awal, Yang benar dan yang salah tentang pengarsipan.
7. Bertahan dari Saratnya Informasi : Sebelum buruj, Anda belum selesai
8. Menguasai Teknologi : Dunia dalam genggaman anda, Kekuatan internet, Masuk ke dalam bahaya
9. Meminimalkan Interupsi : Sdahkah anda terganggu hari ini, Seriuslah terhadap waktu tenag, Mengetahui kartu truf anda, Gangguan adalah urusan saya.
10. Memperbanyak Waktu Luang dengan Pendelegasian : Membuat pendelegasian terlaksana, Tugas yang harus didelegasikan.
11. Menghindari Perangkap Waktu. : Takut berkata tidak, Menolak dengan jitu dan empati, Menghindari perfeksionisme, Hindari menciptakan lingkungan yang sempurna, Mengelola amarah anda, Matikan rasa antipati, Menemukan obat untuk pendengaran.
12. Mengelola stress : Waspadai tanda-tanda stress, Bertanggungjawablah dan menang, Tipe A itu baik, Menggunakan teknik baru.
13. Mempersingkat Waktu Pertemuan Anda : Menggunakan pertemuan sebaik-baiknya, Mengapa pertemuan tetap dalam jalurnya, Aturatmosfir yang benar, Menindaklanjuti pertemuan.
14. Mengelola Waktu Dalam Perjalanan : Produktiflah ketika sedang mengemudi, Maksimalkan perjalanan anda, Mengantisipasi segala kemungkinan, Atur tugas anda, Produktiflah dalam kendaraan umum, Terbang dengan nyaman, Pesan ticket penerbangan anda dan persiapkan baik-baik.

AJ.81: MANAJEMEN PEMASARAN JASA DAN PENJUALAN POLIS ASURANSI JIWA

Buku Wajib:
a. LIFE AND HEALTH INSURANCE MARKETING ; Sharon B. Allen, Dennis W. Goodwin, and Jennifer W. Herrod, 2nd Ed: Life Management Institute LOMA, Atlanta, Georgia, 1988.
b. MANAJEMEN PEMASARAN JASA TEORI DAN PRAKTEK, Rambat Lupiyoadi, Penerbit Salemba Empat, 2001
c. MANAJEMEN DINAS LUAR (Asli LIMRA : MANAGING AGENCY PRINCIPLES AND PRACTICES OF AGENCY MANAGEMENT), Yayasan Dharma Bumiputera, Izin LIMRA, 28-10-1980.
d. MENJAGA AGAR OPERASI KEAGENAN TETAP MENGUNTUNGKAN (Asli LIMRA : KEEPING AGENCY OPERATION PROFITABLE), Yayasan Dharma Bumiputera, Izin LIMRA, 28-10-1980.
e. CARA MENJELASKAN KARIR AGEN DINAS LUAR (Asli LIMRA : PRESENTING THE CAREER), Yayasan Dharma Bumiputera, Izin LIMRA, 28-10-1980.
f. LIMA PULUH GAGASAN TERBAIK TENTANG PEREKRUTAN (Asli LIMRA : 50 OF THE BEST RECRUITING IDEAS), Yayasan Dharma Bumiputera, Izin LIMRA, 28-10-1980.

Silabus

a. LIFE AND HEALTH INSURANCE MARKETING

1. An Introduction to Marketing : What Is Marketing; The Evolution of Marketing; Marketing Challenges for Insurance and Financial Services Companies.
2. The Environment of Marketing : The Changing Environment; The Internal Environment; The External Environment.
3. Strategic Planning and Marketing Planning : Types of Planning; Strategic Planning; Marketing Planning.
4. Information Management and Marketing Research : Marketing Information Systems; Sources of Marketing Information; Marketing Research Projects; The Marketing Research Process.
5. Consumer Behavior : Methods of Consumer Decision Making; The Consumer Purchase Decision Process; Personal Factors Influencing Consumer Behavior; Social Factors Influencing Consumer Behavior; Psychological Factors Influencing Consumer Behavior.
6. Organizational Buyer Behavior : Factors Influencing Organizational Buying Behavior; Characteristics of Organizational Buying; Relationships in Organizational Buying; Types of Purchase Decision Faced by Organizations; The Organizational Buying Decision Process; Special Purchase Considerations Associated with Pension Products.
7. Market Segmentation, Target Marketing, and Positioning : What Is a Market; Market Segmentation; Target Marketing; Consumer Market Segments Targeted by Life and Health Insurers; Organizational Market Segments Targeted by Life and Health Insurers; Positioning.
8. Customer Relationship : Identifying Valuable Customers; Satisfying Customer Needs; Developing a Relationship Marketing Strategy.
9. Persistency ; Persistency; Factors That Affect Persistency; Startegies to Improve Persistency.
10. Basic Product Concepts : What Is a Product; Goods and Services; Commercial and Consumer Products; Product Mix Strategies; The Product Life Cycle; Additional Product Strategy Concepts
11. Product Development : Product Development; The Product Development Process.
12. Pricing : A Marketer’s Perspective : How Price Affects Revenue and Profits; Primary Factors Affecting Pricing Decisions; Pricing Strategies; Rate Structures; Pricing Methods; Price Evaluation; Product Line and Portfolio Pricing Considerations.
13. Distribution Channels : Basic Concepts : Distribution Channels; Distribution Systems Used by Insurers; Personal Selling Distribution Systems; Direct Response Systems; Distribution Channel Decisions; Conflict and Cooperation in Distribution Channels
14. Personal Selling Distribution System : An Introduction : Licensing; Contracts with Sales Agents; Agent Compensation; Compensation Issues.
15. Agency-Building Distribution Systems : The Ordinary Agency System; The Multiple-Line Agency ( MLA) System; The Home Service Distribution System; Salaried Sales Distribution Systems; Location-Selling Distribution Systems.
16. Non-Agency Building and Broker-Dealer Distribution Systems : The Brokerage Distribution System; The Personal-Producing General Agent (PPGA) Distribution System; The Broker-Dealer Distribution System.
17. Direct Response Distribution Systems : Characteristics of Direct Response Distribution Systems; Product Distributed through Direct Response Marketing; Regulation of Direct Response Marketing; The Cost versus Benefits of Direct Response marketing; Media Used in Direct Response Marketing; The Direct Response Marketing Process.
18. Promotion : An Overview : Communication : Getting the Message Across; Tools of Promotion; Promotional Strategies; Coordinating Promotional Efforts; Establishing the Promotion Budget; Creating an Effective Promotion Mix; Creating a Promotional Campaign.
19. Personal Selling : Use of Personal Selling; Qualifications Needed by Salespeople; Types of Personal Selling Activities; The Personal Selling Process.
20. Advertising : Types of Advertising; Legal Considerations Affecting Insurance Advertising; Developing an Advertising Campaign.
21. Sales Promotion and Publicity : Sales Promotion; Publicity.
22. Regulatory Influences on Insurance Marketing : Insurance Regulation Worldwide; Common Areas of Insurance Regulation; The Legal Environment of the United States; State Laws Affecting Insurance Marketing , The Canadian Legal Environment.
23. International Insurance Marketing : Factors Encouraging International Marketing; Choosing International Markets; International Marketing Strategy.
24. Organizing, Implementing, and Controlling Marketing Activities : Organizing the Marketing Function; Implementing Marketing Strategies; Controlling Marketing, Activities.

b. MANAJEMEN PEMASARAN JASA TEORI DAN PRAKTEK

1. Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa : Perkembangan Industri Jasa, Berbagai Faktor Yang Mendorong Pertumbuhan Sektor Jasa, Sistuasi Strategis di Sektor Jasa, Pengertian Jasa, Karakteristik dan Klasifikasi Jasa, Faktor-faktor yang Menjadi Kunci Sukses Jasa, Kerangka Kerja Analisis Pemasaran Jasa : Pendekatan Dramaturgy, Kesimpulan.
2. Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional : Pemasaran Jasa dalam Konteks, Pemasaran Relasional (relationship marketing), Contoh kasus : Praktik pemasaran relasional pada pemasaran jasa konsultan.
3. Perumusan Misi (mission statement) Jas : Pengertian Pernyataan/Rumusan Misi (Mission Statement) Unsur-unsur dalam Mission Statement, Tempat Mission Statement dalam Proses Perencanaan, Perlunya Menyatakan Mission Statement secara Tertulis, Tujuan adanya Mission Statement, Hal-hal yang Perlu dihindari dalam Perumusan Mission Statement, Contoh Kasus : Pengalaman British Airways Merumuskan Misi, Perubahan Kasus, Perumusan Misi Perusahaan Global.
4. Segmentasi dan Targeting Pasar Jasa : Pengertian Segmentasi Pasar, Segmentasi Pasar jasa dan Keterkaitannya dengan Targeting dan Positioning, Targeting Pasar sasaran
5. Positioning dan Diferensiasi Produk Jasa : Pengertian, Langkah-langkah dalam Positioning, Contoh Kasus : Keberhasilan Diferensiasi dan positioning Hotel Tugu, Melakukan Positioning Jasa Melalui Perubahan Struktural, Repositioning
6. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa : Marketing Mix Barang vs Jasa, Elemen Marketing Mix Jasa, Contoh Kasus : Praktik Pelaksanaan Marketing Mix Jasa DHL Worldwide Express
7. Strategi Produk dan Distribusi Jasa : Produk Jasa, Tingkatan Produk Jasa, Merek dan Diferensiasi produk, Bukti Fisik (Physical Evidence), Mengelola Pertumbuhan (growth), Distribusi Jasa
8. Strategi Penetapan Harga Jasa : Harga Jasa, Landasan Strategi Penetapa Harga, Tujuan Pnetapan Harga, Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Penentuan Harga Jasa, Perumusan Strategi Penetapan Harga, Strategi dan Taktik Penentuan Harga, Pedoman dalam Memilih Metode Penentuan Harga yang Tepat, Contoh Kasus : Praktik Penentuan Harga Jasa Asuransi Jiwa, Praktik Penetapan Harga Kamar Hotel/Cottage
9. Strategi Promosi Jasa : Pengertian dan Peranan Promosi, Bauran Promosi, Langkah Pengembangan Komunikasi/Promosi yang Efektif, Contoh Kasus : Praktik Strategi Promosi Hotel Shangri La Jakarta
10. Strategi Sumber Daya Manusia dalam Pemasaran Jasa : Peran Penting Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Perusahaan Jasa, Pengelolaan SDM Perusahaan Jasa, Membangun Customer Services, Proses Manajemen SDM dalam Operasi Jasa, Contoh Kasus : Praktik Strategi SDM Jasa dan Customer Services.
11. Contoh Kasus Terintegrasi Praktik/Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa pada Jasa Perguruan Tinggi. : Karakteristik Jasa Lembaga Pendidikan Tinggi, Merancang Program Pendidikan, Strategi Produk jasa Pendidikan Tinggi, Strategi Penetapan Harga (Pricing) Program Pendidikan, Strategi Penyampaian/Distribusi Program Pendidikan, Strategi Promosi atau Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi, Strategi SDM Lembaga Pendidikan Tinggi.
12. Manajemen Kualitas Jasa : Urgensi Kualitas Jasa, Siapakah Pelanggan (Customer), Pengertian Kualitas (Quality), Memahami Kualitas Jasa (Services Quality), Analisis Kesenjangan Kualitas Pelayanan (Servqual)
13. Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Perilaku Purna Penggunaan Jasa : Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Jasa, Implikasi Kepuasan Terhadap Perilaku Purna Pembelian (Post Purchase Behavior)
14. Pengorganisasian dan Implementasi Pemasaran Jasa : Orientasi pasar dalam penyusunan Struktur Organisasi Pemasaran, Membangun Organisasi yang berorientasi Pelanggan, Strategi Inovatif Pemasaran dan Struktur Organisasi yang Mendukung Perusahaan Jasa, Konflik dalam Organisasi Jasa, Mengidentifikasi konflik Antarfungsi, Pendekatan Penyelesaian Konflik.
15. Sistem Informasi Kualitas Jasa (Services Quality) : Penigkatan Kualitas Jasa Melalui System Informasi, Integritas Sitem Informasi Kualitas Jasa dalam Perusahaan, Mendengarkan Konsumen – Sebuah Konsep dari Sistem Informasi Kualitas Jasa, Pendekaatan-pendekatan Untuk Riset jasa, Keterlibatan Personal dalam Mendengarkan Konsumen, Mengembangkan Sistem Informasi Kualitas Jasa yang Efektif.
16. Contoh Kasus : Riset Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Perilaku Purna Penggunaan Jasa sebagai Sistem Informasi bagi Manajemen, Desain Penelitian, Pelaksanaan Riset, Hasil Pnelitian, Implikasi Manajerial
17. Pemasaran Jasa dalam Konteks E-Bisnis : Contoh Kasus : Situs-Situs Internet di Indonesia : Fenomena E-Bisnis, Pengertian Situs, Sekilas Gambaran Dunia Intrenet, Barbagai Bisnis Jasa yang Ditawarkan Situs, Karakteristik Pemasaran Jasa Situs, Elemen-elemen Marketing Mix Situs Internet, kesimpulan.

c. MANAJEMEN DINAS LUAR

1. Manajer dan Tugasnya
2. Rencana Manajemen
3. Membangun Suatu Keagenan
4. Pendidikan
5. Pengawasan
6. Moril dan Motivasi
7. Manajemen Bisnis
8. Membangun Kesehatan Bisnis
9. Promosi Penjualan
10. Hubungan Masyarakat
11. Pedoman Manajemen Dinas Luar yang Berhasil

d. MENJAGA AGAR OPERASI KEAGENAN TETAP MENGUNTUNGKAN

Tahu Fakta-Fakta Keuangan dari Keagenan Anda, Pengeluaran-Pengeluaran yang Menguntungkan dan yang tidak Menguntungkan, Membedakan antara Aktivitas yang Menguntungkan dan yang Tidak Menguntungkan, Pekerjaan yang Harus dilaksanakan, Ciri-ciri Keagenan yang Berbiaya Tinggi dan Berbiaya Rendah, Penilaian : Prosedur Baiaya Keagenan, Sarana Penunjang Pengontrolan Biaya, Menghimpun Pemikiran-Pemikiran, Pengeluaran Secara Pukul Rata dan Karya Stalmaker Capital.

e. CARA MENJELASKAN KARIR AGEN DINAS LUAR

Apa ? Mengapa ? Bialaman ?, baiklah—Apa Sebabnya ?, Suatu Keputusan Manajemen yang Sangat Penting, Kapan Membuat Presentasi Tersebut, kesimpulannya, Apa Saja yang Harus dimasukan ?, Kebenaran-kebenaran yang Harus Dikemukakan, Sebenarnya Apakah Pekerjaan itu ?, Prospek-Prospek Agen Asuransin Jiwa, Agen asuransi yang Melestarikan Bidang Usaha, Agen Asuransi Jiwa Menyampaikan Pelayanan, Kegiatan Belajar Agen Asuransi Jiwa, Akhirnya, Agen Asuransi Harus dapat Mengelola Waktu, Apa yang Perlu Dikatakan, Peluang Untuk Karier Seumur Hidup, Peluang untuk Memperoleh Pendapatan, Peluang Untuk Kepuasan Pribadi, Peluang untuk Penjualan, Peluang untuk Menjalani Latihan, Peluang untuk Maju, Peluang untuk Pengembangan Pribadi, Bagaimana Mengenai Perusahaan dan Keagenan ini, Dapatkah Saya Melaksanakan Pekerjaan itu ?, Menjaga Agar Besi Tetap Panas, Pendekatan Tseorang Calon Agen Prosfektif Menarik Perhatian, Menambah Bahan Bakar Pada Api, Penggunaan dalam Wawancara, Berdasar atas Riset, Wawancara Pertama dengan Istri yang Bersangkutan, Mengundang Istrinya untuk Melihat Kantornya, Kapan Sebaiknya Berbicara dengan Istrinya, Apa yang Terutama Harus Disampaikan pada Istri Calon, Apa yang Ingin Diketahui Oleh Istri Rekrut, Bagaimana Menanggapi Pertanyaan-Pertanyaan Istrinya, Timbangan Kehidupan Agen, Tujuannya, Segi-Segi Negatifnya, Menyusun Suatu Presentasi, Pola Presentasi Karier, Pertama : Peluang Untuk Suatu Karier Selama Hidup, Keuntungan-Keuntungan dan Peluang-Peluang Profesional yang Khas dalam Karier, Kebahagian dan dua Jenis Imbalan : Uang dan Kepuasan, Pasar Untuk Asuransi Jiwa, Masih Memerlukan Agen Untuk Melakukan Pekerjaan Tersebut, Perusahaan dan Kantor Keagenan, Saran-saran dengan bantuan Visualisasi, Presentasi Karier, Fakta-Fakta Mengenai Industri yang Bersangkutan, Mempertanggungkan Risiko Tersebut, Perkembangan di Amerika Serikat, Risiko yang Pertama, Mengasuransikan Risiko Ynag Kedua, Risiko Ketiga, Bagaimana Asuransi Kesehatan Berkembang, Perkembangan di Amerika Serikat, Masa Perkembangan yang Mantap, Tahun-Tahun Depresi, Perang Dunia II dan Sesudah itu, Tonggak-Tonggak Sejarah Asuransi, Menjelaskan Masalah Pemberian Imbalan, Merakit Perlengkapannya, Menjelaskan Rencananya, Segi Manusiawi, Keajaiban Asuransi Jiwa.

f. LIMAPULUH GAGASAN TERBAIK TENTANG PEREKRUTAN

1. Masalah Kita yang Terbesar
2. Kegiatan-kegiatan Perekrutan Manajer Sendiri : Mengembangkan Kebiasaan Perekrutan Sebagai Kegiatan Pribadi, Salah satu Cara Pendekatan : Perekrutan dari Hari Kehari, Perekrutan Satu Hari Dalam Seminggu, Ungkaplah Pasar Itu – lalu Rekrutlah Orangnya, Perekrutan Dari Kampus – Suatu Bidang Spesialisasi Tinggi, Perbandingan Antar Lapangan Kerja, Menggunakan sarana Penunjang Visual Dalam Perekrutan, Carilah Pemilik Tunggalnya, Tekankan Pada Usaha Merekrut Para Wanita, Beritahu Mereka Untuk Melihat Dahulu ke Tempat-tempat lain Sebelum Mereka Anda Kontrak, Sediakan Selalu Buku Catatan Perekrutan, Laksanakanlah Suatu Wawancara “Hasil Jerih payah”, Menyelenggarakan Suatu Masa Orientasi Pra-Kontrak, “Percobaan Bebas 90 hari” Selama Musim Panas, Rencana Untuk Merekrut Para Pensiun, Bagaimana Seorang Manajer Berhasil Merekrut dan Sekaligus Berhasil Menjual, Perlakuan “Pulau Parris”, Dengan Menggunakan Perencanaan Profesional Guna Menarik Rekrut-Rekrut yang diinginkan, Menggunakan Rumus K-A-S-H dalam Wawancara Perekrutan, Mengungkapkan Keengganan untuk Berkunjung dalam Perekrutan, Mengatasi Hambatan pada Wawancara Perekrutan, Carilah Orang Yang Terlewatkan untuk Dipromosikan, Menggunakan Resume/Ringkasan Seorang Prosedur Unggul Sebagai Bahan Peragaan Visual dalam Perekrutan, Yang Setuju dan Tidak Setuju dengan Penggunaan Tape Recorder pada Waktu Melakukan Perekrutan.
3. Melakukan Perekrutan dengan Bantuan Staf Anda : Tempatkan Diri Anda “On The Spot” dengan staf Anda, Bagaimana Menjadikan Perekrutan Ini Masalah Tiap Orang, Lima Gagasan Singkat Untuk Mengadakan Perekrutan Lewat Para Agen, Pertemuan Staf Mengenai Perekrutan, Memberikan Ilham Pada Asisten Manajer Untuk Merekrut, Mengembangkan Suatu Program Perekrutan Oleh Pengawas ( Supervisor), Menggunakan Buku “Perekrutan Gerak Sendiri” (Recruiting Self-Starter) Bersama Agen-Agen Anda, Mengembangkan Kerjasam Team dalam Perekrutan, Membangun Prestise untuk Agen-agen Anda yang Sekarang Ini –Sementara Meningkatkan Aktivitas Perekrutan Anda, Moptivasikan Para Agen, Berikanlah Pada Agen-Agen Anda Enam Alasan untuk Merekrut, Perkenankanlah “Kontrak Untuk Mendapatkan Rekrut” dalam Keagenan Anda, Perekrutan yang Dispesialisasikan.
4. Perekrutan Melalui Pusat-Pusat Pengaruh : Mengembangkan Pusat-Pusat Pengaruh untuk Rekrut-Rekrut Baru, Ambilah Pemimpin-Pemimpin Bisnis untuk Membantu Anda Melakukan Perekrutan, Suatu Formulir untuk Pusat Pengaruh, Suatu Simposium Berupa Surat-Surat Perekrutan untuk Para Nominator (Pemberi Petunjuk), “Nama untuk Mendapatkan Nama”, Membawa Hasil Dalam Perekrutan, Perekrutan Berdasarkan Prestise Melalui Dewan Direksi, Mengorganissasi suatu Wawancara Perekrutan Pusat Pengaruh, Kotak Perekruta Pusat Pengaruh, Mengadakan Kesepakatan Secara Sukses dengan Kantor Tenaga Kerja, Kantor Tenaga Kerja Sebagai Sumber Tambahan Mendapatkan Para Rekrut.
5. Perekrutan Lewat Pengiklanan Dalam Surat Kabar : Menggunakan Iklan-Iklan “Rayuan” untuk Merekrut, Beberapa Iklan Dalam Surat Kabar Telah Teruji di Lapangan, Membuat Perekrutan dengan “iklan buta” sampai berhasil.

AJ.91 : KEPEMIMPINAN ORGANISASIONAL

Buku Wajib.
a. KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI, Gary Yukl, Edisi Bahasa Indonesia ; 1998, Simon & Schuster (Asia)) pte.Ltd.
b. SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN, Abdul Halim; Achmad Tjahjono; Muh. Fakhri Husein. Unit Penerbit dan Percetakan, Akademi Manajemen Perusahaan, YPKN, 2000.
c. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, Dr. Mutiara S. Panggabean, ME, Ghalia Indonesia, 2002.

Sialabus

a. KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI
1. Hakikat Kepemimpinan dan Pekerjaan Manajerial
2. Perilaku Kepemimpinan yang Efektif ; Perilaku Spesifik untuk Mengelola Pekerjaan dan Perilaku Spesifik untuk Mengelola Hubungan.
3. Kepemimpinan Partisipatif dan Pendelegasian
4. Sumber-sumber Kekuasaan dan Pengaruh ; Proses Mempengaruhi dan Efektivitas Manajerial
5. Ketrampilan Manajerial
6. Teori-teori Kepemimpinan Efektif
7. Kepemimpinan Karismatik
8. Kepemimpinan Transformasional Kultural
9. Kepemimpinan Strategis Eksekutif Puncak dan Pengambilan Keputusan

b. SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
1. Sistem Pengendalian Manajemen
2. Tujuan dan Strategi Perusahaan
3. Perilaku dalam Organisasi
4. Pusat Pertanggungjawaban : pusat Biaya, Pusat Pendapatan, Pusat Laba, Pusat Investasi
5. Perencanaan Strategi
6. Penyusunan Anggaran
7. Analisis Laporan Kerja
8. Pengakuan Kinerja Manajemen
9. Konpensasi Manajemen
10. Pengendalian Manajemen pada Perusahaan jasa, Perusahaan Multinasional, Proyek

c. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
1. Ruang Lingkup Manajemen SDM
2. Pengadaan Tenaga Kerja
3. Pengembangan Karyawan
4. Perencanaan Pengembangan Karir
5. Penilaian Prestasi Kerja
6. Konpensasi dan Insentif
7. Pelayanan Kesejahteraan Karyawan
8. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
9. Pemutusan Hubungan Kerja
10. Sikap di Tempat Kerja